Saturday, May 19, 2012

DIY : Black Swan Inspired Tiara (Crown

Hello Beauties!!

Let's get crafty! baru-baru ini aku bikin EOTD Black Swan, terus ngga pas rasanya kalo ngga pake tiara-nya...tapii mau nyari dimana ya? aku kurang mobile soalnya, mau jalan ke mayestik atau itc gitu duuh rempoong kayanya...akhirnya aku mutusin buat bikin aja deh!

Naah, teruus aku langsung googling, rupanya ada banyak cara buat bikin si tiara ini, tutorial kali ini berdasarkan sama video yg bisa kamu liat disini, yg bikinnya theSorryGirls. tapi ada beberapa yg aku rubah. Tutorial ini aku bikin sekalian aku eksperimen untuk pertama kalinya, jd maaf ya kalo ada kekurangan, nanti belakangan aku bakal evaluasi supaya kamu yg mau bikin ngga ngulang kesalahan aku. yuk kita mulai bikin-bikin... ;)

Pertama-tama Alat dan Bahannya ya beauties...ini dia:


  1. Glue Gun

  2. Glue stick

  3. Kawat, boleh warna apa aja, kl ada sih item

  4. Wadah plastik bekas/palette cat air

  5. Kuas cat air ukuran sedang

  6. Cat Akrilik hitam/Pilox (Cat Semprot) hitam doff, pilih salah satu aja ya, sebenernya jauh lebih gampang pake pilox kalo menurutku, cuman aku takut makenya soalnya ngga child friendly takutnya ada yg kehirup sm anakku, gitu :) disini aku pake cat poster soalnya ngga nemu cat akriliknya, hehe.

  7. Cat Akrilik Silver.

  8. Bando plastik, disini dua soalnya aku masih bingung mau pake yg mana, tp akhirnya aku pake yg item polos

  9. Permata-permataan, kancing, batu-batuan.

  10. Alumunium foil.

  11. Permanent marker/spidol permanen warna hitam

  12. Tang/gunting besar.

Sudah lengkaaap?okeei, langkah selanjutnya adalah panasin glue gun-nya, glue stick udh boleh dimasukin pas masih dingin ko. Sambil nunggu panas kamu boleh atur-atur tempat kerja kamu biar nyaman, sekalian nyiapin alumunium foilnya, kalo aku pasang laptop yg udh ada gambar poster Black Swannya buat contekan, hihi. Aku ngerjainnya di kasur, ngga recommended ya, kecuali kamu kasih alas karton atau apapun biar lem sama bahan2 kerajinan ngga ngotorin kasur kamu. Ayo...., sebentar lagi mau mulai!


Abis itu, mulai gambar sketsa tiara diatas alumunium foil kamu, konsep tiara kita adalah Molten Metal atau Logam yg Meleleh, ini adalah kesan yg aku tangkep dari ngeliat poster Black Swan. Pertama-tama bikin lengkungannya dulu, ukur aja sesuai bando, terus mulai gambar outline tiaranya, kira-kira aja sambil liat posternya, kalo mau lebih detail gambarnya juga boleh biar nanti gampang apply lem-nya, gambar bentuk yg organik alias terkesan tumbuh dengan sendirinya ngga terpola. Oiya, alumunium foilnya dikusutin lembut ya supaya efek 3Dnya lebih kerasa (padahal kusut gara-gara dimainin si kecil, kikikik).

Sketsa, jangan ragu :)
Kalo udah puas sama bentuknya kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu mengisi sketsa dengan lem tembak. Caranya ikutin aja garis yg kamu gambar tadi dengan lem, bikin ada bolong-bolong seperti tiara aslinya, gausah khawatir kalo ada yg tipis tebel atau ada rambut-rambut lem, nanti kita rapihin.

Tembaaakk!! Teretereterettt!
Pada step ini kamu bakal kesulitan buat ngeliat apa yg lg kamu kerjain, soalnya lemnya jadi transparan kan? apalagi kalo sketsanya cuman outline kaya aku. Nah, berarti ini saatnya buat istirahat dulu, tunggu lemnya kering, sambil dikipas juga boleh biar cepet. Kalo udah kering lemnya bakal jadi putih susu lagi dan bentuknya jadi lebih keliatan, kaya gini:

halo!
Abis itu lanjutin lagi tambah lemnya sampai bentuk yg kamu inginkan sambil sesekali keringin lem-nya. Oya sebelum ke langkah selanjutnya kamu kira-kira dulu ketebalannya udah cukup belum untuk si tiara ini berdiri kokoh di bando. punyaku jadinya begini:


Nah, kalo udah aman pelan-pelan gunting sesuai bentuk tiara yg udah kita buat.



Abis itu rapihin lagi supaya lubang-lubang sama detail-detailnya keliatan, rambut-rambut lem yg ga sesuai keinginan juga rapihin aja...gini jadinya:


Owkayy sekarang kita pasang ke bando ya, siapin kawat yg udh dipotong kurang lebih 4cm, yg difoto ini kurang panjang ternyata. Abis itu pasang deh model lem tadi ke bando dgn cara diiket pake kawat, kencengin pake tang terus potong kalo terlalu panjang. Pasang model lem menyerong ke depan 45 derajat, jd jgn tegak lurus ya. Habis itu lem sudut-sudut pertemuan model lem sama bando dgn lem tembak, supaya mantep nempelnya. :)


Kira-kira gini nih hasilnya....


Habis itu kalo ada yg kurang sreg bentuknya boleh ditambah-tambah lagi, kalo aku ngerasa kurang lancip ujung-ujungnya jadinya aku tambah lem lagi..


Aduuh seneng ya udh keliatan bentuknyaaa....?! habis ini tinggal di cat deh, kalo kamu yg pake pilox sih gampang tinggal semprot. Untuk kamu yg pake cat bentuk cair boleh ikut step-step ini..


  • Tuang cat secukupnya ke wadah plastik/palette. Ini aku lakuin supaya cat yg di pot ngga kering karena kebuka lama.

  • Karena aku pake cat poster jadi susah nempelnya, lari2 terus catnya, akhirnya aku pulasin pake tangan sambil terus diusap-usap pake gerakan melingkar depan kipas angin biar cepet kering.

  • Abis lapisan pertama biasanya belum rata tuh, gapapa, keringin aja dulu, abis itu baru tambahin lagi pake kuas buat ngisi yg masih bening-bening, banyak-banyak juga boleh. Aku sih sampe 4kali lapisan baru bisa rata, makanya kalo ngga kepepet bgt jgn pake cat poster ya, huhu.

  • Oiya tunggu sampe bener-bener kering ya sblm nambahin lapisan baru supaya lapisan bawahnya ngga kehapus.

Waaw, sudah bereskah hitamnya? ihiiy! sebentar lagi niyyh selesaii....abis ini kita campur warna silver sama item yuk, ini soalnya warna silver yg aku punya muda banget, kalo kamu dapet silver tua it's okay, langsung pake aja. Ambil kuas kamu terus bikin semacam highlight gitu deh biar keliatan kaya logam, di foto ini aneh deh keliatannya, tapi aslinya bagus ko. Pelan-pelan aja ya bikin highlightnya,jgn sampe itemnya ketutupan semua. habis itu tunggu kering..


Now the last step is pasang-pasang permata-permataan, kamu bisa pakein sesuai selera kamu, mau item semua juga boleh, aku kebetulan dapetnya ini karena cuma belanja di toko kecil. Pasang permata-nya pake glue gun aja langsung, tunggu kering...Daaannnn, jadi deh!! *tepok tangaan* *tabur confetti* :D


Ini ceritanya diedit biar tambah mirip, haha:


Aaaaa...! selesai! Aku puas banget sama kerjaan aku, tapi sedikit evaluasi kalo lain kali aku bikin lagi, tiaranya mau aku panjangin sedikit, soalnya ini jadinya cuman bagus tampak depan, kalo dari samping ngga memanjang ke belakang gitu... :)

Ya deh, gitu aja kayanya... Oiya tiara ini aku pake sebagai properti untuk kontes #Looxgiveaway, kamu bisa baca blogpost-nya DISINI.

Untuk Tutorial makeup black swan juga ada, kamu bisa klik DISINI.

Thanks udh mampir-mampir ya beauties, talk to you later... :)

XO,

merilla.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

---PASANG IKLAN DISINI (100px*800px)---