Monday, July 6, 2020

9 Juli, Brebes Bersiap untuk New Normal




BrebesDigital– Pemkab Brebes segera melakukan uji coba penerapan new normal di sejumlah ruang publik. Bupati Brebes Idza Priyanti juga sudah menandatangani Peraturan Bupati (Perbup) terkait penerapan new normal itu.
“Kita sudah memiliki Perbup New Normal ini,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes, Djoko Gunawan, Senin (6/7/2020). Djoko menuturkan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sudah menetapkan Brebes masuk zona hijau sejak 26 Juni lalu. Namun tetap diminta hati-hati dan minimal 14 hari baru bisa menerapkan new normal.Perbub New Normal akan ditindaklanjuti dengan pembuatan Standar Operasional Prosedur (SOP) di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).
“Untuk SOP tempat wisata berarti menjadi kewenangan Dinas Pariwisata. SOP pendidikan kewenangannya berada di Dinas Pendidikan. Penyusunan SOP tersebut ditargetkan Rabu 8 Juli selesai, dan langsung dilakukan pembahasan bersama,” ujarnya.
Kamis 9 Juli 2020 mendatang, lanjut Djoko pihaknya akan meninjau persiapan new normal di lapangan, sekaligus uji coba penerapannya. Misal di tempat wisata, yang ditunjuk obyek wisata Mangrovesari.
Kita akan tinjau ke sana seperti apa persiapannya. Jadi, dalam minggu ini, kita targetkan pelaksanaan uji coba new normal di beberapa titik.
“Seperti tempat wisata dan tempat ibadah lainnya juga kita tinjau,” jelasnya.
Penerapan new normal akan dilaksanakan secara bertahap. Pada tahap pertama, penerapan di beberapa obyek wisata dan pendidikan.
“Untuk pendidikan, kami siapkan beberapa SMP untuk dilakukan uji coba,” ungkapnya.
Dalam perbub itu, kata dia, Pemkab secara umum mengatur bagaimana persiapan new normal kaitannya dengan tempat pendidikan, tempat wisata dan tempat ibadah. Dalam Perbup itu juga mengatur sanksi bagi warga yang melanggar ketentuan pelaksanaan new normal. Seperti wajib memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan dan menjaga jarak.
“Sanksinya berupa sanksi sosial. Di antaranya, melalui teguran lisan, teguran tertulis, membersihkan tempat-tempat umum hingga langsung diminta menyanyikan lagu – lagu nasional di lokasi,” tandasnya. 

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post

---PASANG IKLAN DISINI (100px*800px)---